Investigation of Surface Texture Using Image Processing Techniques
Investigation of Surface Texture
Using Image Processing Techniques
Evaluasi
permukaan sangat penting untuk menyelesaikan masalah dasar seperti gesekan,
deformasi kontak, ketebalan dan akurasi posisi. Pada dasarnya pengukuran permukaan dibagi menjadi dua
pendekatan, yaitu pendekatan langsung dan tidak langsung. Pendekatan secara
langsung tergantung pada penggunaan instrument stylus, dimana pada pendekatan
langsung akan kontak langsung dengan permukaan untuk dilakukan investigasi.
Namun dengan instrument stylus mempunyai keterbatasan dalam fleksibilitasnya
seperti perbedaan penghitungan bagian geometris dan kecepatan perhitungan
terlalu lambat. Sedangkan pendekatan tidak langsung menggunakan instrument
optic dimana pendekatan ini tidak perlu melakukan kontak langsung dan otomasi.
Didalam
penelitian ini material yang digunakan adalah stainless steel grade 316L,
kemudian bahan ini akan di grinding dengan kedalaman 0,1mm kemudian permukaan
diukur menggunakan mitutoyo didapatkan kekasaran sebesar 0,09 µm.
Dalam
proses pengambilan gambar dilakukan dengan bantuan CARL ZEISS IMAGER AX10
microscope kemudian ditransfer ke PC. Kamera yang digunakan oleh microscope
mempunyai resolusi 480 x 640, 1/30 grabbing speed dan 8 bit digital output.
hasil gambar yang diambil
sebagai berikut dengan perbesaran 100X.
Langkah-langkah
penghitungan sebagai berikut.
1.
Mengambil gambar RGB dengan microscope
2.
Mengubah gambar kedalam gambar hitam putih
dengan skala 1 sampai 255.
Pengubahan
ini untuk membantu dalam analisis, dengan menggunakan MATLAB gambar RGB akan
dirubah ke gambar hitam putih kemudian piksel-pikselnya digambarkan dengan
histogram.
3.
Peningkatan gambar hitam putih menggunakan
histogram sliding
Didalam
histogram sliding akan ditingkatkan pencahayaanya setipa pikselnya supaya dapat
dipelajari lebih lanjut.
4.
Gunakan filter untuk meningkatkan tepi
gambar dapat dipelajari lebih lanjut.
Fungsi
filter ini adalah membuang edge frekuensi lemah dan memperjelas scratches pada permukaan.
5.
Hitung jarak piksel antara dua scratches
menggunakan image tool option.
Penghitungan
ini dilakukan dengan bantuan MATLAB.
Referensi
A.Srivani, M. Anthony.
2014. Journal of Investigation of
Surface Texture Using Image Processing Technique.TamilNadu(India): VIT
University
Comments
Post a Comment